Bukan Sekedar Wacana

Kapan saya bisa ke Silicon Valley?

Mengikuti perkembangan dunia startup digital tak lantas membuat saya punya motivasi kuat untuk terjun langsung. Merasa minder karena bukan bidangnya membuat saya tertinggal dengan teman saya yang lebih dulu memiliki startup. Namun karena merasa berada dibidang yang sama yakni science engineering, sekali lagi sosok Elon Musk memberikan alasan kuat saya untuk terjun langsung di dunia startup digital.

The Startup Journey

Sabtu, 3 September 2016 merupakan  awal perjalanan saya di dunia startup digital dengan mengikuti program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital tahap 1 Ignition 2 di Surabaya. Mungkin ketika hari ini anak muda disibukkan dengan dunia vlog diakun youtube pribadinya. Sedangkan disisi lain, otokritik terjadi di warung kopi ketika sekelompok mahasiswa sibuk membahas permasalahan bangsa. What? ini yang terjadi. Sebuah pilihan buat kamu mau menjadi selebgram seperti Awkarin atau membuat suatu hal yang bisa bermanfaat. Anak warkop buat startup, Why not?

Semua orang pasti ingin bermanfaat buat orang lain. Tapi punya keinginan saja gak cukup, hal yang pertama yang wajib kalian punya adalah Commitment and Be persistent! . GO-JEK yang mungkin hari ini bisa dibilang sukses, jangan disangka mereka bahkan sudah 5x pernah menyatakan mau shutdown . Butuh waktu lama bagi Nadiem Makarim cs akhirnya memutuskan untuk memilih ide GO-JEK untuk diterapkan di Indonesia. That’s the point, Butuh komitmen yang kuat untuk bertahan di dunia startup, kalau gak mundur aja deh!

Kalau ngomongin masalah perjuangan, pasti ujung – ujungnya duit atau feedback yang didapat. Dan hal itu yang membuat startup yang awalnya bisa berkembang jadi menurun. Ekspektasi awal seseorang memulai membuat startup pasti tentang berapa banyak dana funding atau cash flow yang bakal didapat dari ide / gerakan yang kalian buat? No!

Don’t start a business but solve the problem!

Punya ide saja gak cukup, apalagi kalian mikir kalau idemu bakal dapat funding. Validasi dulu ide yang kalian punya. Fokus untuk menyelesaikan masalah, kalau mendefinisikan permasalahan saja belum bisa apalagi memberikan solusi yang tepat. Ini baru tahap membuat ide, Apakah kamu yakin ide kamu termasuk ide yang wow atau malah ‘meh’ ? Bisa dilihat Kickstarter, Indiegogo Inc dan Kitabisa.com merupakan startup pada bidang yang sama yakni crowdfunding. Tapi siapa sangka di Indonesia Kitabisa.com lebih memilih mengembangkan ide crowdfunding kearah sosial ? Poin penting validasi ide ada disini.

Jangan kaku terhadap teknologi karena teknologi not only way to solve the problem, fokus ke value yang bisa kamu berikan meskipun kecil.

– Rama Notowidigdo Chief of Product Officer GO-JEK

Fleksibilitas pada tahap membangun ide untuk menyelesaikan masalah membuat mereka bertahan hingga sekarang. Jangan berharap ide yang ada di otak kamu sekarang bakal kamu pakai sampai akhir. Karena berjalan sendiri hanya membuat kamu capek dan berhenti ditengah jalan. Jangan takut untuk berubah atau sharing ide yang kamu punya ke orang lain. Buat ide kamu lebih mengalir, maka dari itu kalian butuh yang namanya kolaborasi.

Kolaborasi dan Bangun Kepercayaan!

Bisa pasti dibilang hampir semua startup didirikan lebih dari satu orang. Sebuah keharusan bagi startup founder untuk membangun jaringan, berkolaborasi dengan pihak terkait serta sharing dengan orang-orang lebih sukses untuk membangun sebuah kepercayaan. Dibalik sosok seorang CEO ada sosok hacker, hipster, hustler yang setia menemani. Berkolaborasi dan membangun startup bersama teman – teman yang punya mimpi sama, jadi kenapa harus sendiri – sendiri ?

Perlahan saya mulai mendapat pencerahan tentang apa itu startup. Think like founder, mempunyai ide dan networking yang kuat saja tidak cukup. Seorang startup founder harus memiliki jiwa pembelajar dan menjadi pendengar yang baik.

Be a good listener and focus on impact builder.

– Ronald Ishak Managing Director Hactiv8

Ada hal – hal yang akhirnya harus disiapkan bukan sekedar wacana memberikan manfaat. Tanya kenapa ? kenapa enggak ?

#GerakanNasional1000StartupDigital #1000StartupDigital

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s