Kata Rasa

Tentang Kata Rasa

Ada beberapa hal dalam hidup kita yang mudah sekali kita mengatakan namun sulit untuk merasakan. Kalau kata orang lebih mudah berucap daripada menuliskan dalam bentuk kata – kata, lebih jauh lagi lebih mudah menulis daripada merasakan dengan hati terhadap berbagai fenomena yang kita rasakan melalui panca indra yang kita punya.

Kata Rasa memiliki makna bahwa seorang manusia pada dasarnya terus belajar dalam kehidupannya. Belajar merasakan masalah yang ada disekitar mulai dari apa yang dia baca dan apa yang dia katakan. Dalam filosofi jawa ada istilah olah rasa (olah roso), berbeda dengan olah raga yang merupakan latihan fisik melatih raga (tubuh), olah rasa merupakan kepekaan batin (nurani) yang bukan sekedar merasakan dengan kelima indra yang kita punya. Sedikit berimajinasi bahwa dengan kata – kata dalam bentuk tulisan, seseorang nanti bisa tergugah ‘rasa’ nya (kepekaan) dalam melihat permasalahan yang ada. Atau juga sebaliknya, dari rasa yang bisa disampaikan dalam kata.

Epilog

Akhirnya, beberapa dalam blog ini adalah buah uneg – uneg yang terpendam. Daripada lama kelamaan menumpuk menjadi sedimen dalam pikiran, alangkah lebih baik saya lampiaskan dalam bentuk tulisan.

Selamat membaca, jangan lupa komen ya 🙂